Pesantren Alfattah adakan Kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy

Pesantren Alfattah adakan Kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy


Pimpinan Pondok Pesantren Al Fattah K.H. Iskandar Zulkarnaen M.MPd. sedang mengisi khutbatul arsy

14 Juli 2019

Editor : Om Nico

Tigaraksa - Pekan perkenalan Khutbatul Arsy merupakan kegiatan tahunan yang ada di Yayasan Pendidikan Islam Alfattah Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Kegiatan yang dimulai pada tanggal 09 Juli 2019 ini berorientasi untuk mengenalkan para santri tentang sistem kepondok modernan yang meliputi sejarah berdirinya pesantren Alfattah, nilai-nilai kepesantrenan dan jiwa-jiwa pesantren yang didalamnya didasari oleh Al-Qur’an dan Hadits..

Kegiatan Pekan perkenalan khutabatul arsy ini dibuka langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Alfattah K.H. Iskandar Zulkarnaen, M.MPd,. dalam sambutan nya beliau mengungkapkan “kegiatan ini sangatlah mulia, karena memberikan bekal kepada santri tentang kehidupan pesantren, arti perjuangan, arti kehidupan dan arti keilmuan. Mengenal dan memahami orientasi pesantren sangatlah penting bagi seluruh santri. Hal ini juga sangat penting disampaikan kepada seluruh santri, baik santri baru yang baru saja beradaptasi di lingkungan pesantren secara step by step maupun santri yang sudah lama bermukim, tujuannya agar mereka lebih mengenal kembali, menjiwai kembali jiwa-jiwa pesantren serta memahami kembali peraturan dan disiplin di pesantren. Pemahaman dan pengenalan tidak cukup sekali, tapi harus dilakukan berkali-kali guna mengingatkan semua pada khitah awal pendirian pesantren”.

Kegiatan ini berlangsung selama sepekan dengan rangkaian acara yang begitu variatif, seperti perlombaan futsal, basket dan perlombaan pidato. Adapun para pemateri pengisi kegiatan khutbatul arsy adalah para asatidz Pondok Pesantren Alfattah yaitu

1. Kepala Kurikulum Pesantren, Ustadz Dr. Taufik Sofyan, M.Si yang juga Staf Pengajar/Dosen di PTIQ dan        STAI Darunnajah Jakarta yang menjelaskan tentang Pengenalan Pondok dan bagaimana target dan capaian pondok (Diknas dan Pesantren),

2. Ustadz Arifman, M.Fil.I, seorang Trainer dan Motivator nasional, yang mengisi motivasi tentang “kiat menjadi orang sukses”

3. Kepala Program Tahfidz, Ustadz Maulana Malik Ibrahim, M.Pd yang mengisi tema tentang “keutamaan menuntut ilmu di pondok pesantren”

4. Kepala Pendidikan Pesantren, Ustadz Siddieq Asngadi yang mengisi tema tentang “kegiatan hidup dipesantren”.

5. Bagian Bahasa, Ustadz Rijal Himawan yang mengisi tema tentang “bagaimana agar bisa berbahasa arab dan inggris”.

6. Bagian Kedisipilnan dan Ta’lim, Ustadz Tri Mulyono, ST yang menjelaskan tentang “Panca Jiwa Pondok”

7. Bagian Keamanan Ustadz Jabal Hakim Abdullah, S.Pd yang membacakan dan menjelaskan tentang “Peraturan Pesantren”.

Rangkaian acara tersebut ditutup dengan nonton bareng film “Negeri 5 Menara”, diharapkan film ini dapat memotivasi para santri untuk mengenal lebih dalam lagi tentang nilai-nilai keislaman di pesantren, karena hakekatnya santri adalah para pejuang dan penerus Rasulullah SAW dalam menegakkan Agama Islam.